Cerita dan Tips Perjalanan Jogja – Malang Terlengkap.( Jatim Park 2 dan BNS )

Perjalanan Jogja – Malang

Planning
Oke perjalanan ini sebenernya udah gw rencanain, dengan searching” dan baca dari blog temen”, Google map,Waze dll.(good tips) .Cumaa gw belum tau kapan bisa berangkatnya.
Nah,suatu hari adek gw nanya, “kapan km ke Malang?”..karena dy ternyata juga mau ke Malang 2 hari lagi. Dari situ gw langsung nentuin tggal berangkat..yaitu tgl 3 November 2014, yaitu 2 hari lagi. Dan karena saya Cuma punya waktu libur 1 hari, so pasti kita g bisa nginep.Jadi lebih milih nginep d perjalanan aja. Bayangin aj kita Cuma waktu hari ini dari jam 5 sore – hari berikutnya libur – next day.nya lagi masuk siang jam 12.Nah lo...

Sebelumnya gw kasih dulu Catatan Penting nya!!
Option perjalanan ke Malang bisa via Kereta, Bis, Travel..Pesawat pasti bisa,tpi ke Surabaya dulu..
Oke gw jelasin satu persatu option nya.

1.Kereta . Ekonomi . keberangkatan dari stasiun Lempuyangan.
Kalo kalian ingin naik kereta ekonomi ini,,g bkalan ada yang langsung k malang men,otomatis kalian akan ke kota Surabaya dulu, baru ntar lanjut k Malang.

schedule

Dari stasiun kota Surabaya, akan ada kereta yang k Malang kota.Tapi ini perjalanan yang tidak saya sarankan,karena kereta dari Surabaya ini hanya berangkat k Malang Cuma 1- 2 kali sehari (kalo g salah) dan Jam nya pun harus tepat!! Jam 9an pagi gitu deh kayaknya. Telat tinggal. Nah kalo dari Jogjanya udah telat gimana? Jawabanya 2. Kalian nunggu jadwal berikutnya dan Cuma bengong di stasiun..atau kalian ambil jadwal keberangkatan kereta dari Jogjanya yang lebih duluan. Atau bisa lanjut dengan Bis Surabaya – Malang..tapi ane g mau bahas ini lebih jauh..karena masih ada cara yang lebih praktis.

-          Kereta eksekutif. Berangkat dari stasiun Tugu.Yogyakarta
Nah masalahnya disini adalah Dana,men...kalo kalian beruntung, kalian bisa dapet harga 120-160, kalo apes ya psti lebih mahal dari itu..Malioboro Express berangkat pagi jam 8 dan malam jam 8.15. langsung turun diStasiun ko
ta Malang,deket bgt ma Alun” nya..Yah bagi kalian yang ada budget lebih boleh lah...Cuma untuk kantong backpacker kayakya kemahalan. BIsa kalian reservasi tiket di web PT.KAI.

Kelebihan Via kereta : Perjalanan nyaman.g berisik,g goncang” (kayak bis n mobil). Luas.
Kekurangan : Kalo ambil jadwal malem,kalian bakal nyampe d Malangnya pagi buta,men.karena otomatis kereta lebih cepat.. dan harganya mahal untuk Eksekutif n gak ada yang langsung malang untuk ekonomi yg murah.



2.Via Bis.
Untuk perjalanan via bis tentu kalian tau dengan istilah “ngeteng”..yaitu gonta ganti bis untuk sampe ke tujuan. Nah untuk yang ambil jalur ngeteng ane g perlu jelasin lah ya..karena kalian bisa ambil jalur mana aja.Kemarin ada yang crita waktu perjalanan pulang k Jogja,dya ngeteng Bis Jogja - Malang cuma 50 rbu.Tapi ane lupa via mana, yang jelas bisnya g AC.

Untuk bis yang nyaman dan g pake oper” kalian bisa naik bis Handoyo, Rosalia indah sama 1 lagi ane lupa..karena yg 1 lagi itu belum tentu berangkat tiap hari..

Untuk Handoyo,harga tiket 110,include mkan 1 kali,fasilitas selimut,bantal,kamar mandi dalam.Berangkat dari Giwangan pagi jam 8 – 9..Malamnya jam 8. Ane ambil ygn malam karena disamping nyesuain jadwal pribadi gw,,kalian bisa tidur dlm perjalanan,bgun” dah d Malang gtu.Tiba di Malang jam 3:30 – 4:30an,di terminal Arjosari.Seatnya banyak yang kosong,bisa ambil “selimut tetangga” kalo kurang anget, atau tidur dgn 2 kursi gtu.hoo..

Untuk Rosalia indah harga tiket 105.tapi berangkatnya pagi jam 8-9pagi  sama malemnya jam 7( bakal sampe dimalang pagi buta bgt).

Tips . Sebaiknya ambil bis yang paling mlm kalo bisa, biar ntar sampai d malangnya g pagi” buta..dan kalian g bisa beli tiket PP.so, lebih bagus kalo kalian sudah pesan tiket untuk Malang – Jogja nya..Kalo saya pesan tiket Travel..Malang jogja 125k.di jemput di tempat. Namanya Rafi travel,fast respon,tpi pas jemput pulangnya ya agak telat 1,5jam gtu,ni contactnya 081233523233

Kelebihan via Bis : bisa berangkat dari tempat terdekat dgn rumah anda.tentunya dgn yg bis lewati, g perlu k terminalnya dulu.
Kekurangan : Goyang”, sempit.

3.Travel

Untuk Travel pastikan kalian beli dari agen yang dah resmi,,setidaknya yang ratingnya tinggi,cari dulu review atau coment” ttg travel yang mau kalian pake.
Travel kisaran harga 110-140,mkan 1 kali n bisa di jemput dan turun di tempat.Ada banyak banget pilihan travel yang ada. Ada yg dah resmi ada juga yang Cuma pake mobil pribadi gtu. Nah travel ini gw pake untuk pulangnya, Malang - jogja..gw dapt hrga 125k,jemput d BNS. Cuma via telp aj bookingnya.jadi buat kalian yg g punya waktu bnyak bisa booking dlu dari rumah.

Kelebihan travel : lebih private, bisa jmput n anter tempat tujuan. Bisa booking dlu via sms/telp..bayar belakangan.
Kekurangan ; waktu perjalanan lebih lama, sempit, tergnatung keadaan mobil apa yg kalian pake.


Tiba watunyaaaa..otewehhh..Perjalanan!

Fix gw ambil jalur bis.Gw menggunakan bis Handoyo, selain harganya yang terjangkau,ya paling nggk lebih nyaman daripada travel.

handoyo bus

-          Keberangkatan : sebenernya agak kesel juga dgn pelayanan dari Agen yg jual tiket ni,bukan sama PO nya.karena kalo mw beli tiket yg resmi ntuk Agen resminya cuma ada di Magelang,g mungkin gw ke Magelang dlu kan..gini ceritanya..
Saya membeli tiket bus nya di Terminal giwangan sehari sebelumnya, disana akan bnyak sekali calo tiket dan dengan berbagai modus,dari parkir sampai jualan.
Gw lgsg tanya tukang perkir yang ada di paling depan,dan dia nunjukin penjualan tiket ada di lantai 2..so,saya parkir dan jalan k atas setelah melewati beberapa calo bak lagi giring Bola ke gawang lawan...wkwk
Waktu itu ada calo juga yang Cuma nanya mw kmana habis tu lgsg sok nganterin gtu,ternyata dia punya agen lgsg,bukan calo,setelah tanya” deal lah,dpt harga 110,PO Handoyo,buat 2 orang,Jogja -Malang,berangkat jam 8 mlm dari terminal, dan sya bisa naik dari Maguwoharjo,sebelum bandara, “nanti kalo dah mau sampe maguwo bakal di telpon sama Crew bisnya mas”.ok.ok.dan ok.
Singkat cerita di hari H nya udah standby di tempat penjemputan dari jam 7.Karena di tiket emang di anjurin sudah siap 1 jam sebelumnya. Langsung sya Confirm sama Agennya,jam 7pm,” mas Saya Re,berangkat 2 orang,Jogja-malang,dari maguwo,fix ya mas?”..dia jwab “iya mas,ini nomer Crewnya,tar biar d telpon”,”okok”. Beli bekal sambil nitip motor,nunggu bntar, akhirnya jam 8 tiba,kq gda telp dari nomer asing ya (dari Crew)..ada Bis Handoyo lewat,1 bis,2 bis,3  bis..gw pikir emg yg berangkat bisnya banyak,tapi ttp belum ada telp..Akhirnya sya telp lagi ke Agennya,”mas ni dah jam 8:30 belum ada Crew bis yg nelpon gw,dan juga dah ada beberapa bis Handoyo dah lewat”,”iya mas ni baru berangkat kq”,”oh,,yayaya.saya tunggu mas”.
Setelah sekitar 10 mnit nunggu lagi ada telp lgi,tapi dari Agennya.” Mas,bisnya dah kelewat,masnya naik bis apa aja dulu turun di Tertonadi Solo,tar ketemu sama Handoyo di sana mas”,”Anj***,gimana sch mas!!kita dah nunggu lama,trus kita harus naik bis lagi ke Solo gtu?? Dgn nambah ongkos lagi karena kesalahan mas?trus tar di Solo kita harus nyari bis Handoyonya dimana??, dengan enteng dia menajawab “iyee mas tar saya ganti,dah tinggal berangkat aja,tar d tunggu d sana”..”yo ! S**!” saya tutup lgsg telpnya. Akhirnya lgsung ada bis ke Arah solo dan saya naik, dan saya langsung tlp ke Crew bisnya. Dan ternyata bisnya sekarang berhenti untuk nunggu saya d daerah Klaten. Selama perjalanan Crew dari bis ini telp terus untuk make sure saya turun di tempat dia nunggu,dan terus minta maaf. beda dgn Agennya.
Singkat cerita saya dah Ketemu bis Handoyonya dan Crewnya bilang “saya belum ad konfirmasi bahwa ada penumpang naik dari maguwo mas”.” Oiya pak?? Padahal saya jam 5 sore dan jam 7mlm dah Reconfirm sama Agennya lho pak”..huft..mau gimana lagi..dah lupakan drama ketinggalan ini.. yg penting dah msuk bis dan berangkat.
Sedikit gambaran ttg bisnya, luas,jarak antar seat g bgitu sempit,bantal dan selimut harum,kamar mandi lumayan.Overall ok lah.

Untuk agen bisnya saya sudah menyampaikan kekesalan saya dan ngmg sma crew bisnya agar d blacklist aja tu agen,bukannya gimana,takut nanti terjadi dgn orang” lain,ibu” mungkin,ibu anda mungkin..kan berabe..
Oiya Agen bis ini namanya Wahyu Utama Travel.Giwangan kios E12.

Akhirnya kita berangkat dari Maguwo jam 9:00an pm gtu.20 mnit k Klaten.Baru bener” berangkat k Malang.
Di perjalanan makan satu kali di Rumah Makan Duta.di daerah mana saya kurang tau kalo g salah Ngawi.dengan menu yg lumayan.

Tips : Saat beli tiket jangan mau ngikut orang,jalan” aj ndiri,tanya harga tiket k beberapa kios,baru deh beli yg paling pas harga dan jamnya. Untuk ke Malang cuma Handoyo dan Rosalia Indah.
Mending jika anda punya banyak waktu,dan jarak yang memungkinkan,bisa berangkat dari terminal aja.

Tiba di Malang.finally!!!yeaayyy!!
           
Tiba di Malang, di Terminal Arjosari pukul 4:30 am..masih gelap bgt.Tapi dah bnyak orang yg nawarin Taxi dan ojek.Sungguh mereka Hardworker bgt..akhirnya kita mutusin untuk Cari mushola dulu.Istirahat dan sholat subuh,cuci”.

Setelah habis rokok 1 batang lanjut dech perjalanan.
Tips dulu : Bikin Rundown tujuan dan acara yang ingin kalian lakukan di Kota tujuan.
Searching” dikit tentang rute dan kendaraan apa yang bisa di naiki.
Kalo mau tanya” jangan sama tukang ojek,supir taxi,atau orang yg kelihatan mencari Objek,tanya lah sama penumpang juga,sma mahasiswa,tukang parkir,bapak” yang lagi sholat.

Setelah tanya sama penumpang yang habis turun entah dari mana (yg jelas dya bawa tas gde dan kardus” gtu dan keliatan lgi nunggu jemputan) dan kayaknya orang pribumi,saya memutuskan untuk ke Alun-Alun kota Malang,dan naik angkot.
Tips : Angkot disini menggunakan kode” gtu, AL,AG,GL,LGD,BJL,apalah buanyak banget.sebaiknya searching tentang jurusan angkotnya di Maulzxxx

Tapi kalo gw saranin g Cuma pake 1 patokan,jadi ya gw searching dan juga nanya 2 - 3 orang.
Jadi dari terminal kalian bisa jalan ke belakang terminal dan naik angkot AL menrut mahasiswa dari UMM. Angkot disini banyak bgt,men..jadi mungkin karena mereka bersaing bakal bnyak yang nawarin kalian untuk nganter sampai ke tempat tujuan,dan itu nyeremin,men..grrr.
OK gw naik angkot AL.ongkosnya 3000.dan turun di Bunderan yg depan gereja keren bgt kayak d London gtu,jalan 20m dah sampai alun kota.Jadi di Malang ini ada 2 alun-alun, yang pertma adalah Alun alun tugu ,yg kedua kayak taman,bnyak penjual d dlmnya dan merpati” dan Masjid paling awesome. Sedikit gambaran tentang kota Malang setelah perjalanan naik angkot, kota malang ini termasuk bersih,men..rapi,tertata,dan yang paling keren tu Taman” disini banyak bgt,dan semua tu terjaga dengan rapi,hijau dan keren lah pokoknya.Banyak pohon” di pinggir jalan,masih jarang gedung” tinggi.Hampir kayak Bandung lahya..tapi juga kayak Magelang, Solo gtu.Jarang bgt ada lampu merah,walopun itu simpang 5,nggk ada lampu merahnya,men!..dan g macet,setelah ane telaah,mungkin karena di Malang ini jalannya banyak,angkotnya bnyaknya pas,kendraan pribadi belum banyak,jadi ya g macet.

OK.lanjut ke Perjalanan gw dari bunderan kecil tadi kearah alun”, kalian akan menemukan Toko super duper keren di seantero dunia yang ada di Malang,...jreeeennggg...TOKO OEN.
Yaitu toko es cream yg sudah ada sejak 1930.sebelum Indonesia merdeka.Dan decor dan stuff” nya masih vintage bgt gtu.kayak kita di bawa ke jaman itu,men...keren.Tapi yg kurang 1,ada kyak penjual di bagian Cake nya gtu,pake baju ala Nanny,dan dya g bisa senyum.he.

Karena gw nyampe alun” ini masih jam 6an pagi.dan toko Oen blum buka,gw sante” aja dulu di alun”..ngopii..liyat merpati (serasa kek d london)..foto”..ni beberapa jepretan kamerahpgw.

ni alun alun tugu


toko Oen super duper

gereja and masjid aja gandengan

masjid gede

london versi malang

Orang” di alun” juga macem”,men..ada Homeless gtu,ada penjual jajanan,kopi,ada juga yg olah raga,ada juga kakek” bawa Nett dan Raket gtu,trus nettnya mereka iketin ke 2 tiang lampu dan jadilah lapangan badminton,so creative bgt.


Setelah ngopi” dan ganti” baju d Toilet umum (bersih n wangi).Pinginnya k Toko Oen tapi bukanya jam 8:30 am.jadi gw harus nunggu sekitar 30 mnit lagi, Toh juga Jatim park 1 dan 2 bukanya jam 10 am.

Setelah toko Oen buka,jreennngg,,,saya lah customer pertama nya,harga di toko oen ini terjangkau” gimana gtu, ya dari harga 20-70rbuan lah.untuk 2 orang pasti ya 100rbu lebih.Jadi,sebagai backpacker,gw beer 2 Cuma pesen EsCream yang hrganya 40rbuan dan Salad seharga 35rbu..its enough.gini ni tampilannya..Banyak juga menu” indonesia lain seperti pecel,rendang,rawon dll.
www.home-dsgn.blogspot.com
Tips : Ambilah kesempatan untuk mencoba selagi bisa,walaupun g bisa mencoba yg paling maksimal,setidaknya anda sudah mencoba.
Pastikan Baterey Hp,kamera,dan PowerBank anda terisi sebelum anda menuju ke tempat utama Liburan anda.Toko dan Mushola adalah tempat yg bisa anda gunakan untuk mengeCazz
 peralatan anda.

Perjalanan ke Jatim park 2

Setelah selesai sarapan di Toko Oen.dan ternyata ckup kenyang,dan ngecas” hp dan PB..kita langsung cuss ke Jatim park 2.Untuk menuju ke Jatim Park 2,kita harus menaiki angkot ke terminal Landungsari terlebih dahulu,baru ke Jatim park..rutenya dari toko oen kalian bisa berjalan menyeberangi alun”.trus belok ke kanan sampai per3an.gini nih mapnya.ya kira” jalan sekitar 0,5 kilo lah.

rute

Keterangan : nah yang kotak tengahnya putih bulet itu alun".kalian jalan dulu dri titik 23 alun" itu ke titik 23 yang d ujung.
Toko Oen ada pas d tulisan Rahmat itu. (ngerti nggak? sama)

Kenapa harus kesitu?..karena jika kalian naik angkot dari sisi alun”,ngetemnya lama,bisa 1 jam,mending jalan bntar lgsung berangkat..Unlocked!.
Dari alun” itu kita menuju ke terminal Landungsari dgn menggunakan angkot LDG.harganya 3000.Perjalanan ke Landungsari memakan waktu sekitar 40mnit,karena angkotnya pelan” sekalian cari penumpang.Selama perjalanan anda akan menemukan bnyak sekali taman” dan kawasan” perumahan,kemudian Kampus”,ruko”,kampus” lagi..kyak di daerah UGM gtu.

Ok.Tiba di terminal Landungsari kita turun diluar,dan langsung naik angkot warna kuning BJL.kenpa? karena angkot ini langsung melewati jatim park 2.jadi anda bisa turun Tepat! Di depan Jatim Park 2.Tarifnya 4500..plus wisatawan jadi 5000.Perjalanan Landungsari Jatim Park suasananya jauh dari kesan kota,lebih ke desa”,bnyak yang angkut Padi,jalananya naik turun dan berkelok kelok.dan sempit.Gw g tau sebenernya menurut google maps ada 2 jalur yang bisa dilewati.tapi gw lewat yang jlan” sempit ini.Inilah Batu,kalian bakal disuguhin pemandangan kota malang dari Atas.

Perjalanan 30 mnit sampailah kalian di Jatim park 2,setelah melewati BNS. Kesan pertama liyat Jatim park 2,gede,luas,rapi,bersih.langsung dech ambil kamera.hee.

kamera hp gw,jatim park 2

jatim park 2

Lalu kita menuju Loket yang ada di depan Hotel Pohon Inn.Harga tiket disini ada 2 macem, tiket Secret Zoo,Museum satwa dan Eco Green park dan atau yang tanpa Eco Green Park.
Kita ambil yang tanpa Eco Green Park,karena menurut beberapa review tempat ini yang bisa di kita unchecklist saat waktu kita mepet.Harga Weekdays 70.000.dan Weekend 90.000.
Setelah itu kitaa dapet sticker gelang gtu untuk tiketnya.nehh..

ticket jatim park 2


Tips : berkunjunglah saat Weekdays.
Jika anda tidak membawa mobil dan membawa barang bawaan berat (ransel)sebaiknya anda titipkan ke Locker yg ada di Parkiran motor, karena di Lobby gda Locker (sayang).Bawalah tas kecil untuk membawa barang” berharga saja.Mengingat tempat ini sangat luas,sayang jika anda melewatinya dgn bebat berat di punggung.hooo

Untuk cerita di dalam Jatim park 2 akan saya ceritakan di postingan berikutnya..pastikan kalian sudah mencatat tips”nya dan Be Smart Traveller.thanks.kalo ada masukan atau pertanyaan koment aj gaes..

Tips perjalanan Jogja - Malang.
Cerita dan Tips Perjalanan Jogja – Malang Terlengkap.( Jatim Park 2 dan BNS ) Part II


Comments

  1. Sedikit meluruskan tentang Handoyo Jogja-Malang.
    Handoyo mempunyai kantor perwakilan di Terminal Giwangan, tepatnya di lantai 2 disamping tangga deket shelter Trans Jogja. Jogja-Malang tarifnya 100ribu, cari saja kios yang ada plang tulisan besar "Kantor Perwakilan Handoyo".
    Kalau Wahyu Utama Travel itu agen ke 2 atau BUKAN agen yang ditunjuk Handoyo, jadi dia beli tiketnya ke Kantor Perwakilan Handoyo tadi dengan untung 10ribu/tiket. Soal kemungkinan kru bis Handoyo tidak diberitahu itu benar, karena yang berhubungan dengan kru dan yang mengatur penumpang ya Kantor Perwakilan tadi, bukan wahyu utama travel sebagai pihak ke 3.
    Lain kali jika naik Handoyo, pilih kios yang jelas ada tulisan "Kantor Perwakilan Handoyo", baik itu di Giwangan atau Jombor.

    ReplyDelete
  2. wah mau kesana aku

    http://www.toyota.astra.co.id/connect/news/article/pola-makanan-diet-sehat-dan-baik/

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing.. yuk bagi yang minat order tasnya buat jalan-jalan atau liburan, Sebelum kehabisan model2 yg lagi update,bisa kunjungi katalog kita di pabrik tas kita,..
    toko tas kita menyediakan banyak model tas yang bisa di pilih-pilih, pemesanan bisa partai besar maupun kecil dengan harga relatif murah

    NB : HATI2 DI PABRIK TAS JOGJA INI BANYAK TAS2 BAGUS dan KECE !!!

    Thank's.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts